Diet Rendah Purin

Purin (PYUR-eenz) yang ditemukan dalam banyak makanan, terutama daging anggota badan, ikan teri, mackerel, dan sarden. Purin membuat 15 persen dari asam urat yang ditemukan dalam tubuh.

Terlalu banyak asam urat dapat menyebabkan masalah, termasuk batu ginjal dan asam urat. Untuk alasan ini, diet rendah purin dianjurkan bagi orang yang memiliki batu ginjal, asam urat, dan kadang-kadang untuk orang-orang yang telah memiliki transplantasi organ.

Diet tersebut sering digunakan dengan obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat.Beberapa orang dapat menurunkan kadar asam urat mereka melalui diet saja.

Tidak semua orang perlu mengikuti diet ketat untuk mengobati asam urat, tapi menghindari makanan yang tinggi purin dapat membantu. Periksa dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui apakah Anda harus mengikuti diet ini.

Poin Penting yang perlu diingat

  • Hindari makanan tinggi purin.Lihat daftar terlampir.
  • Jauhi alkohol. Alkohol meningkatkan produksi purin, yang mengarah ke tingkat asam urat tinggi dalam darah dan air seni. Alkohol diharamkan dalam Islam.
  • Batasi daging untuk 3 ons per makanan.
  • Batasi makanan tinggi lemak seperti saus salad, es krim, makanan yang digoreng, gulai/semur, dan saus.Lemak diikat dalam asam urat dalam
  • Makan cukup karbohidrat.Mereka membantu tubuh Anda menyingkirkan asam urat ekstra.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan secara bertahap.penurunan berat badan yang cepat dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Minum 8 sampai 12 gelas cairan setiap hari untuk membantu mengurangi pembentukan batu ginjal.
  • Jangan mengambil ragi roti atau ragi bir sebagai suplemen.

Diet rendah purin

Roti, sereal, nasi, dan Pasta

 

Makanan yang boleh dipilih

 

Makanan yang perlu dihindari

 

·          6-11 porsi setiap hari

·          Ukuran penyajian = 1 iris roti, 1 gelas sereal siap -makan, 1/2 cangkir sereal masak, nasi atau pasta

·          Semua roti yang diperkaya, sereal, nasi, mie, pasta, dan kentang

·          Batasi 2 porsi per minggu: roti gandum dan sereal, gandum, dedak dan oatmeal

·          Batasi roti tinggi lemak seperti pancake, roti panggang Perancis, biskuit, muffin, dan kentang goreng

 

 

Buah

 

Makanan yang boleh dipilih

 

Makanan yang perlu dihindari

 

·          2-4 porsi setiap hari

·          Ukuran penyajian = sepotong buah segar ukuran sedang, 1/2 cangkir buah kaleng, jus buah 3/4 cangkir jus buah

·          Semua buah dan jus ·          Batasi alpukat (lemaknya tinggi)

 

Susu dan Produk Susu Makanan yang boleh dipilih

 

Makanan yang perlu dihindari

 

·          2 porsi setiap hari

·          Ukuran penyajian = cangkir susu atau yogurt

·          Skim atau susu rendah lemak

·          yogurt rendah lemak

·          Seluruh susu, krim, dan krim asam

 

Sayuran Makanan yang boleh dipilih

 

Makanan yang perlu dihindari

 

·          3 porsi setiap hari

·          Ukuran penyajian = 1 cangkir mentah, 1/2 cangkir dimasak atau dipotong-potong

·          Semua

·          Batasi 2 porsi per minggu: jamur, kacang polong kering dan kacang-kacangan, bayam, asparagus, kembang kol

·          Batasi memasak dengan lemak tinggi, termasuk au gratin, makanan yang digoreng, dan saus krim

 

Daging, unggas, ikan, kacang kering, kacang polong, telur, dan keju Makanan yang boleh dipilih

 

Makanan yang perlu dihindari

 

·          Sebanyak 6 ons setiap hari

·          Ukuran penyajian = 2-3 ons dimasak (hitung 1 telur, 1/2 cangkir kacang masak, 2 sendok makan selai kacang, atau 1 ons keju sebagai 1 ons daging).

·          Daging sapi, domba, sapi,  unggas, ikan, telur, selai kacang, kacang-kacangan, dan rendah lemak keju

·          Batasi untuk 2 porsi per minggu: kacang polong kering dan kacang-kacangan

·          Roti manis, teri, sarden, hati, ginjal, otak, ekstrak daging, ikan herring, mackerel, kerang, gulai/semur, angsa, hati, daging cincang, dan kerang
Lemak, bumbu, dan Minuman Makanan yang boleh dipilih

 

Makanan yang perlu dihindari

 

  ·          Garam, bumbu, rempah-rempah, dan bumbu

·          minuman berkarbonasi, kopi, kakao, dan teh

·          Makanan yang dibuat dengan susu rendah lemak dan kaldu berbasis sayuran

·          Batasi untuk 3 sendok teh setiap hari: mentega, margarin, minyak dan mayones

·          Gulai/semur daging, ragi roti dan ragi bir, alkohol, dan sup daging berkaldu

 

 

 

Makanan ringan, permen, dan Desserts Makanan yang boleh dipilih

 

Makanan yang perlu dihindari

 

  ·          Gelatin yang halal, es susu, wafer vanili, cake telur

·          yoghurt beku Rendah lemak

·          desserts lemak tinggi seperti es krim, kukis, kue, pie, donat, dan cokelat

·          pie daging cincang

contoh menu

Sarapan ·          jus jeruk 1/2 cangkir

·          1/2 cangkir cereal

·          Buah berry

·          roti tawar putih dengan jeli dan 1 sendok teh margarin

·          1 cangkir susu 2 persen

·          Kopi

 

Makan siang ·          Burger (3 ons) pada roti

·          Kentang panggang dengan 1 sendok teh margarin

·          salad buah 1 cangkir

·          susu 2 persen

 

Makan malam ·          salad campur dengan saus bebas lemak

·          1/2 cangkir dada ayam (3 ons) tanpa kulit

·          beras 1/2 cangkir

·          1/2 cangkir brokoli

·          Roti dengan 1 sendok teh margarin

·          1/2 cangkir serbat

·          Es teh

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s